Bank Muamalat Suntik Modal ALIF

Bank MuamalatMajunya pengembangan bisnis PT Al-ijarah Islamic Finance (ALIF) dalam menyalurkan pembiayaan disektor ritel leasing mobil dan motor membuat Bank Muamalat Indonesia (BMI) terus berkomitmen dengan menyuntikkan modalnya di tahun ini sebesar Rp 500 miliar. Dengan penyuntikkan modal tersebut, kata Direktur Utama BMI Arviyan Arifin, anak perusahaan Bank Muamalat tersebut akan maju dan lebih kompetitif dalam merebutkan pembiayaan leasing ritel di Indonesia.

Dalam penandatanganan kerjasama antara Bank Muamalat dan PT ALIF di Hotel Four Season Jakarta Selatan, hari ini Rabu (23/3) dengan dihadiri secara langsung oleh Herbudi S Utomo (Dirut PT ALIF), Adrian A Gunadi (Direktur Ritel Bank Muamalat) dan Efrinal Sinaga (Direktur Pemasaran), Arviyan menegaskan, melalui PT ALIF, Bank Muamalat akan memperluas bisnis consumer financing. Kerjasama itu akan difokuskan bagi pembiayaan kendaraan bermotor dan mobil yang digenjarkan oleh PT ALIF sejak tahun 2010.

“Kerjasama dengan PT ALIF akan semakin melengkapi spekrum layanan Bank Muamalat bagi masyarakat, selain itu resikopembiayaan yang kami hadapi akan lebih terdervikasi,”ungkap Arviyan.

Dalam setiap fasilitas pembiayaan yang diberikan, lanjut Arviyan, Bank Muamalat akan berkontribusi sekitar 95 % dari plafond dan sisanya menjadi bagian dari PT ALIF.

Sementara Dirut PT ALIF, Herbudi S Utomo mengatakan, penyuntikan modal Rp 500 miliar ke PT ALIF akan meningkatkan asset. Selama ini aset yang dimiliki oleh PT ALIF sebesar Rp 419 miliar. Dengan penambahan modal Rp 500 miliar maka aset PT ALIF menjadi Rp 919 miliar.

Kemudian terkait dengan penambahan modal tersebut, Dirut PT ALIF akan membagi dalam dua model pembiayaan, yakni Rp 250 miliar untuk pembiayaan mobil baru dan bekas dan Rp 250 miliar untuk pembiayaan motor. Ia sendiri optimis mampu menyalurkan Rp 500 miliar kepada konsumen, apalagi dilihat dari data jumlah konsumtif masyarakat terhadap mobil dan motor semakin meningkat.

“Untuk mentargetkan penyaluran tersebut di tahun ini kami akan membuka cabang baru sehingga di tahun 2011 cabang PT ALIF berjumlah 28 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia,”paparnya.

Sumber : Pkes Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...