Bank Jabar Banten Syariah Buktikan Keampuhan Gadai Syariah

Gadai SyariahBank Jabar Banten Syariah (BJBS) semakin membuktikan kepiawaiannya dalam bisnis gadai syariah. Terbukti, menjelang akhir tahun 2010, BJBS mampu meningkatkan outstanding gadai syariahnya hingga mencapai Rp110 milyar.

Menurut Manajer Gadai BJBS, Endang Komarudin, peningkatan tersebut memang sudah diprediksi oleh pihaknya karena kecenderungan masyarakat untuk memanfaatkan gadai di akhir tahun ketimbang menjual emasnya.

“Outstanding gadai BJBS meningkat 30 milyar dari pencapaian pada Agustus lalu. Ini sesuai perkiraan BJBS karena biasanya memang di akhir tahun kebutuhan orang meningkat dan masyarakat cenderung menahan emas untuk dijual, melainkan dengan pola gadai,” kata Endang.

Perluasan pasar juga dilakukan oleh BJBS untuk menjaring nasabah gadai. Setelah sebelumnya sukses menjaring pedagang pasar untuk menggunakan gadai, kini BJBS menyasar ke PNS. Misalnya, pada Oktober lalu, BJBS mensosialisasikan gadai syariah kepada pegawai yang berpenghasilan tetap, khususnya pegawai pemerintahan.

Endang menambahkan, dengan sosialisasi tersebut, porsi nasabah kini seimbang antara ibu rumah tangga, pegawai, dan pedagang. Tren gadai emas saat ini juga mulai mengarah ke emas batangan, bukan hanya perhiasan. Mengenai target Rp120 milyar gadai syariah pada akhir tahun ini, BJBS pun optimis akan dapat mencapainya.

Sumber : Ibnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...