Bank Ina Bakal Dikonversi Jadi Syariah

Konversi BankBank konvensional di Indonesia, PT Bank Ina Perdana, bakal dikonversi menjadi bank syariah. Bank yang telah dibeli Affin Holding Bhd (5185) asal Malaysia ini bakal menjadi bank syariah dalam waktu dua tahun mendatang.

Chief Executive Officer (CEO) Affin Islamic Bank, Kamarul Ariffin, mengatakan konversi dari 25 cabang bank dengan level medium di Indonesia tersebut bakal berlangsung dengan perlahan dan secara bertahap. Konversi tidak akan memakan banyak biaya jika dibandingkan dengan akuisisi Bank Ina yang memakan dana 138 juta ringgit Malaysia.

”Akuisisi kini sudah memasuki babak akhir. Konversi akan difokuskan setelahnya,” ujar Kamarul seperti dikutip Business Times.

Sebelumnya Affin mendapatkan modal setelah diakuisisi oleh Bank Negara Malaysia pada akhir Desember lalu. Hingga kini, bank tersebut masih menunggu persetujuan regulator di Indonesia tentang finalisasi akuisisi. Persetujuan tersebut kemungkinan akan didapat pada semester kedua tahun ini.

Akusisi terhadap Bank Ina akan memberi Affin penguasaan saham sebesar 80 persen. Ia menilai bank yang memiliki aset sekitar 500 juta ringgit hingga 600 juta ringgit itu cukup kuat di sektor ritel.

Sumber : republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...