Bank Dunia Deklarasikan Keuangan Syariah Sebagai Area Prioritas

ekonomi islamSri Muliani Indrawati selaku Managing Director of The World Bank Group mengungkapkan bahwa Kelompok Bank Dunia telah secara resmi mengakui keuangan syariah dan telah menjadikannya sebagai sebuah area prioritas dalam program sektor keuangan. Strategi Bank Dunia untuk keuangan syariah didasarkan pada empat pilar yaitu peningkatan kapasitas dan manajemen pengetahuan, kebijakan mempengaruhi dan pengembangan pasar; kerja diagnostik dan analisis dalam industri, dan memberikan bantuan teknis khususnya dalam pengembangan kerangka regulasi.

“Bank Dunia selalu erat bekerja sama dengan sektor jasa keuangan syariah, ini menunjukkan komitmen kami untuk membantu memperkuat pengembangan kelembagaan industri ini,”jelas Sri Muliani Indrawati saat berbicara 8th Annual Summit di Luxemburg seperti dikutip dalam laman Arab News, Senin (16/5.)

Muliani mengungkapkan bahwa saat ini Bank Dunia,di Sudan telah mengembangkan keuangan mikro syariah sebagai upaya berkontibusi positif bagi pertumbuhan ekonomi Sudan.

“ Kami memiliki program lengkap dan kami berharap dapat berkembang sehingga Bank Dunia akan. memainkan peran positif dalam pengembangan industri dan pertumbuhan ekonomi, seperti itu, “jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kendala terbesar dalam perkembangan keuangan syariah adalah kurangnya standar kehati-hatian bagi lembaga keuangan syariah yang dipraktekkan, Akuntansi dan Audit Standar untuk lembaga keuangan syariah belum sepenuhnya dikembangkan, fondasi hukum transaksi syariah belum kuat terutama dalam kasusu sengketa masih ada ketidakpastian hukum apakah putusan pengadilan didasarkan pada syaraiah atau hukum sipil.

Selain itu,jelasnya ada juga ketidakpastian tentang bagaimana bangkrut dan default harus ditangani, perbedaan interpretasi dari aturan syariah di seluruh wilayah hukum, kurangnya dokumentasi standar yang pada gilirannya memberikan kontribusi tingginya biaya transaksi dan pembiayaan dan isu menekan manajemen likuiditas di bidang keuangan syariah.

“Pesatnya pertumbuhan industri keuangan syariah juga terkena imbas globalpada kekurangan tenaga profesional dan berpengalaman di sektor ini dan juga kelangkaan ulama Syariah dengan pengetahuan yang memadai perbankan dan keuangan. Selain itu penelitian yang masih relative kecil pada fungsi sistem keuangan syariah di seluruh dunia,” Muliani menguraikan.

Sumber : IBnews Eramuslim

One comment on “Bank Dunia Deklarasikan Keuangan Syariah Sebagai Area Prioritas

  1. tenangg bu sri,, 2012 saya lulus, , dan siapppp menjadi tenaga syariah yang profesional, , ,aaamiiinnnnn, , , ,hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...