Bank Dipo Batal Dikonversi Jadi Bank Syariah

ekonomi islamPT Bank Dipo Internasional kemungkinan besar batal dikonversi menjadi bank syariah. Sampoerna Group mengatakan Bank Dipo hanya akan membentuk unit usaha syariah (UUS) untuk masuk ke industri ini.

Hal ini ditegaskan Direktur Utama Sahabat Usaha Kecil Menengah, lembaga keuangan mikro milik Sampoerna, Indra W Supriadi. “Kita memang sudah menyampaikan ke BI kalau kita ingin menjadi bank konvensional, tapi tidak tertutup kemungkinan masuk ke bisnis syariah melalui UUS,” katanya saat ditemui Republika.

Ia menuturkan usaha syariah paling lambat akan dibuat kuartal kedua 2012 nanti. Bank Dipo bakal mengucurkan modal sebesar Rp 100 miliar, untuk membentuk UUS, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan BI.

Per Agustus 2011, pembiayaan Bank Dipo mencapai Rp 900 miliar. Pembiayaan yang disalurkan melalui Sahabat UKM sebesar 160 miliar, dengan komposisi 100 persen menggunakan prinsip syariah. Bank Dipo memiliki 84 cabang, dengan 64 cabang reguler dengan nasabah pengusaha mikro, sedangkan 20 lainnya cabang mikro ke bawah dengan nasabah pedagang kecil.

Bank ini tersebar di sejumlah wilayah seperti Jawa dan Kalimantan. Sebelumnya, Mei 2011 lalu, Sampoerna resmi mengakuisisi 85 persen saham Bank Dipo. Saat proses menuju akuisisi berlangsung 2010 lalu, Sampoerna sempat berujar bakal mengkonversi Bank Dipo menjadi bank syariah.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...