Baitul Maal wat Tamwil Mulai Interkoneksi

Baitul Maal wat Tamwil Mulai Interkoneksi

Lembaga keuangan mikro syariah, seperti Baitul Maal wat Tamwil (BMT) kini mulai mengembangkan semangat berjamaah dalam melayani keuangan syariah mikro kepada nasabah. Hal tersebut dilakukan melalui interkoneksi antar BMT dan kerja sama host to host dengan perbankan syariah.

Ketua Umum Asosiasi BMT Seluruh Indonesia (Absindo), Aries Muftie, mengatakan saat ini setidaknya terdapat sekitar 25 BMT yang telah terinterkoneksi satu sama lain dari sekitar 3.000-4.000 BMT di Tanah Air. ”Saat ini perjalanan masih panjang, tapi kita targetkan setidaknya lima tahun lagi semuanya sudah terinterkoneksi dan pada 2020 jumlah jaringan BMT akan melebihi industri perbankan dan seluruhnya terinterkoneksi,” katanya di Jakarta, Senin (12/7).

Aries menambahkan, rata-rata BMT memiliki empat kantor cabang, namun pada 2020 setidaknya satu BMT dapat memiliki 20 kantor cabang dengan jumlah BMT mencapai 5.000 unit. Dengan demikian akan terdapat sekitar 100 ribu unit kantor BMT di seluruh Indonesia.

Aries memaparkan kini interkoneksi BMT baru dilakukan di sejumlah BMT di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Yogyakarta. Pihaknya pun menargetkan segera merampungkan seluruh interkoneksi BMT di Jawa. Pada Agustus 2010, tambah dia, rencananya interkoneksi akan masuk ke wilayah Lampung.

Sumber : republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...