Australia Ubah Aturan Pajak Demi Industri Keuangan Syariah

Australia Australia kini sedang berancang-ancang mengubah sistem pajaknya untuk menyambut aliran investasi syariah.

Dick Warburton, ketua Board of Taxation (badan perpajakan federal Australia), meluncurkan seperangkat aturan pajak terhadap industri keuangan syariah, termasuk bidang perbankan dan asuransi. Hal ini diumumkan pada Rabu lalu (13/10), demikian diulas laman The Australian pada keesokan harinya. Board of Taxation akan mengkaji produk-produk keuangan syariah di Indonesia, Malaysia, Inggris, dan Prancis.

Kajian terhadap aturan pajak ini dirasakan mendesak bagi Australia, antara lain, didorong oleh kurangnya lahan para pemilik industri emas hitam dari Timur Tengah. Alasan lainnya adalah kian bertambahnya investor dan pengusaha bisnis di negara-negara Indonesia dan India. Sementara itu, investasi syariah di negara-negara maju pun terbilang masih rendah.

Laporan tertulis mengenai tinjauan pajak ini akan dilakukan hingga 17 Desember mendatang. Forum terbuka untuk mengumpulkan pendapat publik akan dilakukan Melbourne, Sydney, dan Canberra pada November. Ini menjadi langkah maju setelah tahun lalu mantan deputi Macquarie Bank, Mark Johnson, merilis laporan tentang keuangan syariah. Saat itu, Johnson meminta peninjauan pajak terhadap investasi syariah.

Laporan Johnson yang disampaikan dalam Australian Financial Centre Forum menyebutkan bahwa peluang terbesar bagi Australia-khususnya dalam mengakses sumber dana untuk memenuhi kebutuhan dana investasi dalam negeri harus bersaing sedemikian rupa- adalah di bidang produk investasi berbasis syariah.

Sedangkan, Yasser El-Ansary, konsultan pajak di Institute of Chartered Accountants, mengatakan, Australia agak tertinggal dibanding negara lain. Negara itu lebih maju dalam hal kebijakan pajak yang tepat untuk menarik pasar (syariah-Red) dunia yang nilainya mencapai satu triliun dolar AS untuk investasi syariah.

El-Ansary menilai, perpajakan Australia malah menghambat potensi investasi syariah. Salah satunya terkait aturan larangan bunga dalam sistem syariah. Padahal, unsur bunga menjadi andalan dalam sistem pajak Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...