Australia Belajar Tentang Industri Keuangan Syariah

Pejabat bank sentral Australia, Nick Sherry, memimpin delegasi ekonom dan pelaku industri Australia ke Timur Tengah untuk belajar tentang industri keuangan syariah.  Salam kunjungan selama empat hari itu, ia akan mengadakan serangkaian pembicaraan dengan para pejabat pemerintahan, regulator, dan bankir di Uni Emirat Arab, Qatar, dan Bahrain tentang keuangan syariah.

“Australia memiliki pasar yang tak bisa diremehkan dalam industri keuangan syariah,” ujarnya dalam sebuah pernyataan. Dalam waktu dekat, pemerintahnya berencana untuk mengembangkan secara serius sistem keuangan syariah di negeri itu.

Fokus penting dalam pembicaraan kali ini adalah tentang ketentuan pajak, regulasi, promosi, dan kemungkinan asistensi di bidang ekspor, perbankan, dan asuransi syariah. “Sistem keuangan syariah tak bisa lagi dipandang sebelah mata,” ujarnya.

Industri keuangan syariah memang tengah booming di banyak negara. Menurut perkiraan, industri yang kini beromzet 950 miliar dolar AS akan meroket menjadi 5 triliun dolar AS beberapa tahun mendatang. Tahun lalu, perdana menteri Kevin Rudd telah menyatakan tekadnya untuk meniadakan hambatan regulasi bagi pengembangan industri ini.

Sumber    : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...