Aturan Baru Pasar Uang Antarbank Syariah tak Terlalu Berpengaruh

bank Syariah
Zona Ekonomi Islam–pengamat ekonomi syariah, Muhammad Shodiq, berpendapat aturan baru pasar uang antarbank syariah dapat banyak bermanfaat. Namun, tambah dia, dari segi karakteristik pasar tampaknya belum akan berubah.

”Pasar uang antarbank syariah bisa lebih aktif dengan mekanisme baru itu tapi belum akan signifikan karena mengingat pemainnya (bank syariah) belum terlalu besar dan masih di sekitar pasar lokal,” kata Shodiq.

Menurutnya, akan lebih bagus jika bisa mendorong pasar uang antarbank syariah di level regional atau global. Shodiq mengakui terdapat perbedaan regulasi antara satu negara dengan negara lainnya. Oleh karena itu komunikasi harus secara intensif dilakukan agar juga dapat menangkap pasar di luar negeri.

”DSN perlu juga melihat implementasi fatwa di level regional, sehingga akan mendorong bank syariah lebih besar,” cetus Shodiq.

Berdasar statistik BI per Juli volume transaksi pasar uang antarbank syariah terbesar berjangka waktu tujuh hari sebanyak Rp 1 triliun. Selanjutnya diikuti oleh yang berjangka waktu 2-6 hari sebanyak Rp 764 miliar, 8-26 hari Rp 720 miliar, satu hari Rp 350 miliar, 27-30 hari Rp 100 miliar.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...