Asuransi Syariah Belum Menyentuh Kalangan Atas

ekonomi islamPertumbuhan asuransi syariah di Indonesia memang terlihat baik namun aset yang dikelola masih terbilang kecil. Hal ini terjadi karena pasar asuransi syariah masih berada pada kalangan menengah ke bawah.

Presiden Direktur Karim Busines Consulting, Adiwarman Azwar Karim mengungkapkan bahwa pemegang polis asuransi syariah di Indonesia adalah tiga juta orang dan rata-rata pembayaran polis bulanan berada pada angka 150 ribu per bulan dengan pendapatan pemegang polis sekitar 3,5 juta per bulan.

“Dengan data tersebut terlihat asuransi syariah masuk ke level bawah,” ujarnya di sela-sela acara International Conference Syariah Insurance in Indonesia di Jakarta, Kamis (21/7).

Dengan keadaan seperti itu, Adi mengangap wajar jika aset yang dikelola asuransi syariah masih kecil. Sedangkan untuk level atas yang memiliki kemampuan finasial yang besar asuransi syariah masih belum mendapat pasar. “Untuk kalangan atas masih belum digarap secara maksimal,” imbuh pria yang juga anggota Dewan Syariah Nasional ini.

Untuk bisa mendapat pasar di kalangan atas tentunya peran agen asuransi menjadi pokok. Dimana diperlukan agen-agen asuransi yang dapat menjaring orang-orang kalangan atas. “Di sini dibutuhkan agen-agen asransi syariah yang bergaul dengan orang-orang level atas,” tandasnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...