Al Baraka dan AFB akan Dirikan Bank Syariah di Indonesia

JAKARTA-–Dua bank asing telah menyatakan ketertarikannya untuk mendirikan bank syariah di Indonesia. Direktur Direktorat Perbankan Syariah BI, Mulya E Siregar, mengatakan, Asian Finance Bank dan Al Baraka yang telah memiliki kantor perwakilan di Indonesia bermaksud untuk membentuk bank syariah dengan akusisi bank dan mengonversinya ke syariah.

“Saat ini mereka sedang melihat kemungkinan untuk membeli bank di Indonesia dan mengonversinya menjadi bank syariah. Namun untuk target pendiriannya dan akuisisi bank apa, mereka belum tentukan,” kata Mulya usai Seminar Indonesia-UK: Sharing Experiences in Developing Islamic Finance yang digelar di Bank Indonesia, Senin (31/5).

Sementara untuk Maybank saat ini sedang dalam proses melengkapi syarat-syarat konversi Maybank Indocorp menjadi Maybank Syariah. “Maybank sudah fit and proper direksi dan sekarang sedang melengkapi syarat konversi bank. Diperkirakan awal Juli sudah bisa beroperasi,” kata Mulya.

Dengan hadirnya sejumlah bank syariah baru di tahun ini diharapkan setidaknya perbankan syariah dapat mencapai target aset moderat BI sebesar Rp 97 triliun. Saat ini aset perbankan syariah sekitar Rp 68,5 triliun.

sumber : republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...