Akad Ijarah Dominasi Pembiayaan Sinarmas Syariah

Sinarmas SyariahSelama satu tahun beroperasi pembiayaan Unit Usaha Syariah (UUS)Bank Sinarmas lebih didominasi oleh akad ijarah (sewa). Porsi pembiayaan dengan akad ijarah ini bisa mencapai 64 persen dari total pembiayaan yang disalurkan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Unit Usaha Syariah Bank Sinarmas Heru Agus Wuryanto disela-selaworkshop ekonomi Islam tentang “Prospek, Peluang dan Tantangan Perbankan Syariah” yang diselenggarakan oleh UUS Bank Sinarmas di Plaza Sinarmas.

Berbeda dengan bank syariah pada umumnya yang lebih banyak pembiayaan dengan akad Murabahah, UUS Bank Sinarmas lebih mengunggulkan akad ijarah dengan jumlah penyaluran pembiayaan sebesar Rp 237 miliar. Sementara penyaluran pembiayaan dengan akad murabahah hanya sebesar Rp 131 miliar atau sebesar 36 persen dari total pembiayaan yang disalurkan.

Besarnya pembiayaan dengan akad ijarah tersebut tidak terlepas dari mitra UUS Bank Sinarmas yang banyak menggunakan akad ijarah. Saat ini UUS Bank Sinarmas telah menggandeng lima mitra pembiayaan yaitu MDPU Finance, SMFF Finance (Sale and Lease Back & Multijasa), SMS Finance, serta Bhakti Finance. Dua diantaranya selama kurun waktu 2010 berhasil menyalurkan lebih dari Rp 200 milyar dengan menggunakan akad ijarah.

Selama satu tahun beroperasi UUS Bank Sinarmas hanya memiliki satu Kantor Cabang dan satu Kantor Kas. Rencananya, pada tahun 2011 akan menambah dua kantor cabang yaitu di Surabaya dan Bandung. Juga akan pengembangkan office channeling di 113 kantor cabang Bank Sinarmas konvensional.

Sumber : IBnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...