Absindo: 99 Bank di Indonesia Dimiliki Asing

ekonomi islamBesarnya porsi kepemilikan asing di bank-bank nasional menjadikan “kegerahan” bagi Asosiasi BMT Se-Indonesia (Absindo). Melalui Ketua Umum Absindo, Aries Mufti, meminta dengan tegas kepada Bank Indonesia untuk mengurangi dominasi kepemilikkan asing di bank-bank nasional saat ini. Ia berharap Indonesia agar bisa meniru negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand yang memiliki porsi sebesar 30 persen dan 15 persen.

“Jika tak mampu seperti mereka setidaknya porsi kepemilikkan bisa sebesar 45 persen,”ujarnya.

Aries Mufti memaparkan, bahwa kondisi bangsa saat ini masih terjajah secara ekonomi dengan bukti kongkritnya 99 persen perbankan milik asing. Maka dari itu pemerintah melaui BI harus membuat regulasi dengan pembatasan tersebut.

Kemudian Aries Mufti optimis, dengan munculnya 5000 BMT diseluruh Indonesia menjadikan kekuatan ekonomi tersendiri di negeri ini yang akan bersaing dengan lembaga perbankan. Apalagi saat ini BMT dibawah Absindo—memiliki kekuatan IT dan sistem yang hampir sama dengan perbankan.

“Cuma masalahnya apakah BI memberikan keleluasaan–kepada BMT untuk lebih bergerak seperti BMT diijinkan memiliki fasilitas filtur Visa Elektron. Selama ini telah dihalang-halangi dengan PBI tahun 2009,”paparnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...