unduhan (3)

80 Persen Pegawai Resign karena Faktor Pemimpin

Merekrut pegawai bukan hal mudah, terlebih mendapatkan pegawai yang sesuai kriteria perusahaan. Namun, yang tak kalah penting adalah bagaimana mempertahankan pegawai agar betah di suatu perusahaan, khususnya pegawai terbaik.

Head HR Resourcing PT Bank Permata, Andi Irawan Dalimunthe mengatakan, pemimpin yang baik merupakan kunci bertahannya pegawai sebuah perusahaan. Andi menjelaskan, jika seorang pemimpin dapat menjalankan tugas kepemimpinannya dengan baik, umumnya pegawai yang berada di bawah pimpinannya akan lebih bertahan.“Kurang lebih 80 persen orang yang resign karena faktor leadernya, sementara 20 persen karena faktor lain seperti tawaran yang lebih baik dan lainnya,” kata Andi saat berbicara dalam seminar ‘HR Syariah Summit’ yang diselenggarakanRepublika, Kamis (12/4).

Karena itu, Andi menilai tak jarang jika pemimpin sebuah perusahaan pindah ke perusahaan lain, ia akan membawa serta pegawai-pegawai yang loyal kepadanya untuk ikut pindah. Ini yang banyak terjadi dan paling dihindari di berbagai perusahaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kata Andi, bagian Human Resource (HR) Bank Permata menyamakan pergerakan dalam HR dengan fungsi divisi sebuah perusahaan. Seperti adanya marketing, front office, bisnis partner, dan lainnya dalam HR.

Divisi yang bertugas mempertahankan pegawai di divisi HR adalah tugas bagian bisnis partner. Bisnis partner ini bertugas memaintain pegawai untuk tidak berpindah ke perusahaan lain. “Sejauh ini Bank Permata memiliki 21 bisnis parten di divisi HR,” tambah Andi.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...